Kamis, 04 September 2008

Kabel UTP


Unshielded Twisted-Pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.
Secara umum pemasangan kabel UTP ada 2 tipe, tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya.

Tipe Straight


Dipergunakan untuk menghubungkan antara NIC dengan
HUB/Switch. Kabel UTP merupakan kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel berwarna
yang dipilin sesuai dengan pasangannya. Pada pemasangan hanya digunakan 4 kabel saja,
yaitu kabel urutan 1 dan 2 untuk Transmit/kirim (putih oranye, oranye) dan urutan 3 dan
6 untuk Receive (putih hijau, hijau). Walaupun demikian, kabel lainnya tetap ikut
terpasang ke konektor Rj 45 (Registered Jack 45). Straight (A-A/B-B) adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB dan berkorespondensi 1-1.

Tipe Cross


Jika hanya terdapat dua komputer atau dua hub / switch, kabel disambungkan secara crossover, yakni menukar atau menyilangkan kabel di nomor 1 ke kabel nomor 3 dan kabel di nomor 2 ke kabel nomor 6. Penyambungan kabel secara crossover ( menyilang atau menukar ) adalah berfungsi untuk penyambungan uplink antar – switch, hub ke switch, dari hub ke hub lain, dari PC hub ke switch, dari hub ke hub lain, dari PC ke PC lain ( antara dua komputer tanpa hub / switch ), atau dari router interface ke router interface yang lain.

Tidak ada komentar: